Bentuk Aktivitas Partisipasi Mahasiswa Dalam Mengikuti Kegiatan Sosial (Studi Kasus: Mahasiswa Anggota Organisasi Volunteer Active Padang)

  • Zaitun Munirah Universitas Negeri Padang
  • Erianjoni Erianjoni Universitas Negeri Padang
Keywords: Mahasiswa, Partisipasi, Kegiatan Sosial

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan bagaimana bentuk partisipasi aktif mahasiswa dalam mengikuti kegiatan sosial di organisasi volunteer ACTIVE Padang. Dianalisis menggunakan teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mencari makna, pemahaman, pengertian tentang suatu fenomena. Data yang diperolah dari penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang mendetail dari suatu kasus yang diteliti. Tipe ini merupakan tipe yang memperhatikan semua aspek, lebih tepatnya dengan melihat bagaimana partisipasi mahasiswa dalam kegiatan sosial yang dilaksanakan di organisasi volunteer ACTIVE. Teknik purposive sampling yang digunakan dengan dasar pertimbangan memilih kriteria informan yang dibutuhkan terlebih dulu, yaitu para anggota yang masih berstatus mahasiswa aktif serta merupakan anggota organisasi ACTIVE. Bentuk observasi yang digunakan ialah jenis participant observer. Kemudian Wawancara dilakukan oleh peneliti terhadap informan yang telah ditentukan dari awal dan dilakukan secara langsung terhadapa informan. Studi dokumentasi memperoleh data pendukung yang di cari berkaitan erat dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu menujukan bentuk partisipasi mahasiswa dalam kegiatan sosial terlihat dari setiap program kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi ACTIVE, yaitu: kegiatan pengajaran, kelas motivasi, belanja bersama anak panti, kegiatan rekreasi. Setiap kegiatan tersebut menujukkan bentuk partisipasi aktif dari mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-06
How to Cite
Munirah, Z., & Erianjoni, E. (2019). Bentuk Aktivitas Partisipasi Mahasiswa Dalam Mengikuti Kegiatan Sosial (Studi Kasus: Mahasiswa Anggota Organisasi Volunteer Active Padang). Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(1), 31-37. https://doi.org/10.24036/culture/vol1-iss1/5