Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai Kearifan Lokal di SEKOLAHALAM MINANGKABAU Kota Padang Sumatera Barat

  • Witra Alti UNP
Keywords: Pendidikan inklusi, kearifan lokal, sekolah alam

Abstract

Pendidikan inklusi di Indonesia dilakukan berlandasan nilai-nilai dari luar, namun seharusnya ada nilai-nilai daerah yang arif dan menjadi landasan dalam penerapan pendidikan inklusi yaitu nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini mencoba untuk mengungkapkan nilai-nilai kearifan lokal minagkabau yang merupakan bentuk dari pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dilakukan dengan cara observasi partisipasif pasif dan wawancara terstruktur di sekolahalam minangkabau. Teknik pemilihan infroman yaitu porposif sampling. Analis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian terdapat dua point penting nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi landasan dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolahalam minangkabau, pertama filsafat Minangkabau “yaitu nan buto paambui lasuang, nan pakak palapeh badiah, nan lumpuah paunyi rumah, nan kuai pambao baban, nan pusuang disuruah-suruah, nan cadiak lawan barundiang”(yang buta penghembus lesung, yang tuli pelepas badil, yang lumpuh penghuni rumah, yang kuat memikul beban, yang bodoh disuruh-suruh, yang pintar lawan berunding), kedua kato nan ampek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-29
How to Cite
Alti, W. (2020). Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai Kearifan Lokal di SEKOLAHALAM MINANGKABAU Kota Padang Sumatera Barat. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(3), 172-179. https://doi.org/10.24036/csjar.v1i3.28